03 April 2008

Stoner Akui Ducati Kalah Segalanya


Casey Stoner memperpanjang memori buruknya di MotoGP Spanyol. Kemarin dia hanya mampu finish di urutan kesebelas. Itu adalah hasil terburuknya sejak bergabung Ducati di MotoGP.

Keperkasaannya sepanjang musim lalu dan hasil gemilang pada seri pembuka 2008 di Qatar, tak terlihat di Jerez. Tidak berlebihan jika juara bertahan itu menggambarkan kegagalannya di Jerez sebagai sebuah musibah.

Ducati yang memiliki keistimewaan top speed dan lemah di handling memang kurang kompetitif di sirkuit yang memiliki banyak tikungan seperti Jerez. Stoner hanya mampu bersaing pada lap pertama melawan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Pada lap kedua dia sempat kehilangan keseimbangan. Stoner makin tertinggal dari para pesaingnya setelah melebar ke gravel pada lap kesebelas.

"Kami mengalami kesulitan akhir pekan ini. Sirkuit ini terlihat tak bersahabat untuk setelan kami," kata Stoner.

Pembalap asal Australia itu pun mengakui melakukan kesalahan dalam lomba kemarin. Kesalahan terbesarnya terjadi pada saat melakukan pengereman menjelang tikungan pada lap kesebelas.

"Saya tak merasa melakukan perubahan saat mengambil posisi mengerem. Tapi, saya tak dapat mengatur untuk berhenti di tikungan hingga melaju keluar trek," ujarnya dalam sesi wawancara dengan stasiun televisi Italia1 seperti dikutip Autosport.

Setelah keluar lintasan pada lap kesebelas, Stoner melorot ke posisi terakhir. Dengan tekad meraih poin, dia memacu motornya. Beruntung dia mendapatkan tambahan lima poin dengan finis di posisi kesebelas.

Stoner mengakui, kesalahannya membuat Ducati terlihat memiliki performa buruk daripada yang mereka tunjukkan sebelumnya. Namun, hal itu tidak membuatnya risau. Menurutnya, setiap tim memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri dengan kondisi sirkuit.

"Sirkuit ini tak sempurna bagi kami. Ada sirkuit lain yang membuat pabrikan lain merasakan kesulitan. Anda harus sekonsisten mungkin di manapun, tapi tetap saja ada sirkuit yang membuat motor anda tak bekerja dengan baik," bebernya.

(Sumber : Indonesianracing.com)

Tidak ada komentar: